Karihome, Alternatif Susu Formula Pertumbuhan Anak dari Susu Kambing

 


"Hai KariMoms, jangan lupa untuk menyaksikan event virtual grand launching Karihome, susu kambing formula pertama di Indonesia"


Wah, begitu mendapat undangan untuk menyaksikan acara grand launching dari Karihome rasanya excited sekali. Saya benar-benar penasaran dengan susu kambing formula yang konon komposisinya paling mirip dengan ASI (air susu ibu). Padahal ya moms, dulu setiap kali mendengar 'susu kambing' tuh langsung mikirnya susu untuk obat TBC atau membersihkan paru-paru yang notabene diminum orang dewasa. Ternyata susu kambing bagus untuk diminum anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi penasaran kan mau tahu kira-kira apa saja sih yang dibahas dalam acara virtual grand launching Karihome tanggal 18 Desember 2021 kemarin?



Acara grand launching yang dilakukan secara virtual ini dihadiri para narasumber dari dalam dan luar negeri seperti  dr. Liz Carpenter, Principal Scientist DGC, lalu Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC serta Ipu Hapi, Manufacturing General Manager DGC. Jadi ibu-ibu yang mengikuti acara ini dari rumah bisa langsung bertanya mengenai Karihome kepada para pakarnya. Acara yang berlangsung selama dua jam dikemas dengan begitu menarik sehingga tidak terasa membosankan. Kita diedukasi mengenai proses pembuatan susu mulai dari pemilihan kambingnya, lahan peternakannya, sampai proses produksinya sehingga menghasilkan rasa susu kambing formula yang lembut dan enak. 




Jadi susu kambing formula Karihome ini berasal dari mana sih?

Produk susu kambing formula Karihome ini merupakan produk susu kambing pertama di Indonesia yang merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-operative (DGC), produsen susu asal New Zealand yang telah bermitra dengan Orient EuroPharma (EOP) sejak 30 tahun lalu.

Pada acara peluncuran kemarin, Bapak Yohanes Peter Wijaya, direktur EOP Indonesia menjelaskan bahwa Karihome yang kini hadir di Indonesia didedikasikan untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si kecil. Karihome percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard.

 


Lalu apa saja kandungan susu formula kambing Karihome ini?

Menurut dr. Liz, susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna anak-anak. Selain itu juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi. Inilah yang membedakannya dengan susu lain. Hal ini dikarenakan proses keluarnya susu kambing mirip dengan keluarnya ASI yaitu cairan susu beserta zat-zat nutrisi alaminya.

1. Nukleotida, vitamin C & E, zinc => untuk daya tahan tubuh

2. Omega 3 & 6 dan Taurin => untuk perkembangan kecerdasan anak

3. Asam Glutamat => berperan sebagai sumber energi

4. Sumber kalsium, vitamin D dan zat besi => untuk nutrisi pertumbuhan fisik anak


Bagaimana bila dibandingkan dengan susu sapi?

Kandungan nutrisi susu kambing ini 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan susu sapi loh moms. Komposisi proteinnya juga lebih mudah dicerna dan diserap oleh pencernaan anak dan bayi yang masih belum sempurna. Juga lebih banyak asam lemak rantai sedang (medium chain fatty acid - MCFA) yang merupakan sumber energi lebih cepat dicerna dan diserap tubuh.



Bagaimana sih proses pembuatan susu kambing Karihome untuk menjaga kualitas alaminya?

Menurut penuturan Keith Arnold, sebagai negara peternakan yang alami, pemerintah New Zealand mempunyai aturan yang ketat tentang kesejahteraan hewan. DGC sendiri menerapkan kode praktis peternakan yang lebih ketat dari itu, bahkan sudah menjadi patokan standard kelas dunia. Jadi susu kambing ini diperah di peternakan dan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan. Tujuannya tentu saja agar nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.  

Proses produksi Karihome menurut Ipu Hapi, Manufacturing General Manager DGC New Zealand, menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1 kali pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya. Dijelaskan juga bahwa seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen.


Lalu apa lagi keseruan acara grand launching susu Karihome kemarin?

Selain penjelasan tentang produk susu formula kambing Karihome, di acara virtual grand launching ini juga diadakan sesi talkshow interaktif bertajuk Winning Weaning Talk bersama dr. Margareta Komalasari, SpA. Seru memang kalau ibu-ibu diajak berkonsultasi seputar menyapih si kecil, apalagi menyapih yang tanpa drama. Pengalaman dulu menyapih Abang Al sempat membuat saya mellow dan merasa bersalah, terlebih proses menyapihnya saya lakukan sebelum usianya dua tahun karena saya sudah hamil lagi. Beruntung, Abang Al anaknya cukup pengertian dan kooperatif sehingga proses menyapihnya berhasil dengan lancar tanpa drama yang saya takuti. 

Nah, menurut dr. Margareta yang akrab disapa dengan dr. Atha, proses menyapih ini memang tergantung pada komitmen dan keikhlasan ibu juga sehingga sounding ke anak jadi lebih mudah dan anak pun lebih mengerti bahwa sudah waktunya berhenti menyusu. Lalu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang telah disapih? dr. Atha sepakat bahwa asupan nutrisi melalui makanan yang bergizi serta susu formula yang alami dan berkualitas sangat penting untuk diperhatikan. Dan susu kambing formula Karihome ini merupakan produk susu formula yang alami dengan kualitas yang tidak sudah tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun susu Karihome baru diluncurkan di Indonesia, tetapi moms tidak perlu khawatir karena susu ini sudah memiliki sertifikat BPOM, sertifikat Nomor Kontrol Veteriner, paten merk untuk Indonesia dan juga sertifikat halal MUI. Jadi moms tidak perlu ragu lagi untuk memberikan susu formula kambing ini ke anak-anak.




Setelah mengikuti event virtual grand launching Karihome, pastinya pengetahuan saya tentang susu kambing formula Karihome ini jadi bertambah dan membuat saya sangat penasaran untuk langsung mencobanya. Kira-kita Abang Al, anak pertama saya suka ga ya dengan susu ini? Karena sejak mengenal susu uht, dia jadi kurang suka dengan susu sapi formula. 




Di luar dugaan, ternyata susu kambing formula ini aromanya enak banget loh moms, tidak ada bau prengusnya sama sekali. Dan Alhamdulillah, Abang Al doyan. Susunya enak katanya. Saya icip-icip sih memang rasanya lebih gurih dan ringan di lidah. 

Untuk harganya sendiri, susu Karihome ini memang cukup mahal sih moms. Tetapi menurut saya sebanding dengan kualitasnya. Di official store Lazada untuk kemasan 400 gram harganya Rp. 360.000,-. Tenang moms, kalau moms ingin mencoba sampel gratisnya dulu atau mau mencari informasi lebih lengkap mengenai produk susu kambing formula Karihome, moms bisa langsung mengunjungi websitenya di www.karihome.co.id atau bisa juga intip-intip instagramnya karihomeid supaya lebih yakin lagi untuk memberikan susu Karihome pada si kecil.

  



33 comments

  1. Kandungannya lengkap banget, malah hanpir menyerupai asi yaa 😍😍 pas banget nih buat anaku nanti

    ReplyDelete
  2. ya ampun ternyata sebagus itu kandungannya yah, kurang familiar soalnya, biasanya kan sufor sapi yah

    ReplyDelete
  3. Harganya sekaleng 400gram 360rb ya, lumayan banget

    ReplyDelete
  4. Ternyata nutrisi dan kandungan dari susu kambing luar biasa ya mom. Alhamdulillah karihome udah ada di Indonesia 😍

    ReplyDelete
  5. Sama bunda saya juga ikut icip-icip mau tahu rasanya susu kambing formula ini , enak ya

    ReplyDelete
  6. abang al samaan nih minum sufor karihome, diluar dugaan banget ini sufornya lebih bagus daripada sufor sapi, rasanya juga kata enak kata zeanissa, alhamdullilah gak alergi dan pencernaan juga gak ada masalah

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tau ada susu kambing formula untuk batita. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  8. Ternyata kandungannya super mantul ya mom pantesan banyak yang nungguin masuk ke Indonesia

    ReplyDelete
  9. Yes, setuju banget dengan semua yang ditulis di sini karena aku juga habis mencoba Karihome untuk anak-anakku. Mereka approved karena rasanya enak, dan enggak ada reaksi alergi yang muncul. Betul-betul bisa jadi alternatif asupan susu untuk anak!

    ReplyDelete
  10. Acara grand launching nya seruu banget, jadi tau banyak tentang susu kambing formula. Rasa susu Karihome juga enak, anakku suka sekali ❤

    ReplyDelete
  11. Bagus banget yah moms kandungnya susu kambing dari karihome ini jadi pengen cobain juga... Bisa beli dmna yah??? Penasaran jadinya aq nihh.
    Cocok banget juga buat ank yg alergi susu sapi yah

    ReplyDelete
  12. Susu kambing ternyata ada yg formula untuk anak juga ya. Ku kira cuma susu yg untuk dewasa

    ReplyDelete
  13. Ternyata susu kambing bisa jadi susu formula juga yaa mom dan beruntung bgt ada Karihome yang kualitasnya sudah teruji secara klinis

    ReplyDelete
  14. Ternyata susu kambing lebih bagus ya dari susu sapi wajib coba nie dan nutrisi anak terpenuhi

    ReplyDelete
  15. Wah.. susu formula kambing karihome ini komposisi nya lengkap sekali ya mba di bandingkan dengan susu sapi pada umumnya..

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget nih..ternyata kandungannya lebih banyak ya..jadi bakal jd andalan stok dirumah😁

    ReplyDelete
  17. Lengkap amat nutrisinnya, alami lagi ya mirip aSI jadi gak khawatir susu lanjutan buat anak😋

    ReplyDelete
  18. Makasih mam infonya. Aku jg lg coba Karihome ini

    ReplyDelete
  19. Dapat info Karihome nya lengkap banget nih.. skrg jd ga worry lg ya mau kasih susu kambing ke si kecil, pakai Karihome aja...

    ReplyDelete
  20. Saya benar-benar penasaran dengan susu kambing formula yang konon komposisinya paling mirip dengan ASI (air susu ibu) ya Si Karihome

    ReplyDelete
  21. Kandungan gizi lengkap, mudah diserap tubuh, kualitasnya terjamin. Perlu banget sih dikenalin ke anak untuk mendukung tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  22. Samaan mom sekarang aku jg beralih ke karihome memang sebagus itu yah kandungannya 👍👍👍

    ReplyDelete
  23. Pertama kali anakku coba susu karihome langsung sukaa 😍

    ReplyDelete
  24. Seneng banget nie aku baca info soal susunya, aku mau cobain juga ah buat anakku. Makasih mom infonya.

    ReplyDelete
  25. Acara peluncurannya penuh edukasi dan bermanfaat buat pengetahuan tentang manfaat susu kambing

    ReplyDelete
  26. Wah lengkap sekali yah. Jadi mau memcoba karihome nih

    ReplyDelete
  27. Akupun terkesan karena kukira nda enak susu kambing Karihome ini ternyata pas dibuka aromanya enak ya, rasanya juga enak. Lyosha juga langsung suka nda ada penolakan alhamdulillah ;)

    ReplyDelete
  28. Dulu tau susu ini dari saudara yang tinggal di Singapura,pernah sekali coba untuk anak, Alhamdulillah sekrang udah ada di Indonesia sekrang bisa jadi pilihan untuk susu pertumbuhan anak

    ReplyDelete
  29. Aku juga ikutan Grand Launchingnya, Acaranya seru ya dan susunya juga enak ya

    ReplyDelete
  30. susu formula pertumbuhan Karihome sudah mendapatkan izin dari BPOM sehingga aman di minum oleh anak usia 6 bulan hingga 3 tahun

    ReplyDelete
  31. susu formula pertumbuhan Karihome sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan mengandung omega 3 dan 6 untuk kecerdasan daya pikir anak

    ReplyDelete
  32. Susu kambing formula pertama yang aku coba kasih ke anak dan alhamdulillah approved! Asli ya ini unik banget, susunya terjamin kualitasnya, ga bau prengus pula

    ReplyDelete
  33. Kandungannya bagus ya,mom. Jadi referensi buat susu tambahan

    ReplyDelete