Lathi, Mistis Atau Fantastis?


Siapa yang belum tahu kalau lagu Lathi milik Weird Genius yang berbahasa Inggris ini karya asli anak negeri? Saya pun awalnya begitu dan baru tahu setelah lagunya menduduki posisi nomer satu di Joox. 



Waktu pertama kali mendengarkan lagu ini sempat bertanya-tanya sendiri, ini lagu barat ada kalimat yang mirip bahasa Jawa atau memang bahasa Jawa ya? Ternyata memang anak-anak muda kreatif Weird Genius menyelipkan sepenggal kalimat berbahasa jawa di lirik lagu Lathi. Keren sih menurut saya. Ditambah dengan suara Sara Fajira yang sangat cocok nyinden-nya.   

I was born a fool
Broken all the rules
Seeing all null
Denying all of the truth
Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn’t something we fought for
Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
But one thing you should know

'Kowe ra iso mlayu saka kesalahan
Ajining diri ana ing lathi'

Pushing through the countless pain
And all I know that this love’s a bless and curse



Lalu kenapa begitu lagu Lathi viral dimana-mana sampai ramai pula #LathiChallenge di tiktok kemudian munculah pendapat dari tokoh di negeri Jiran yang bilang kalau lagu ini mistis dan bisa memanggil Kuntilanak? Serem ya, guys

Menurut saya sih mungkin Bapak tadi mendengar penggalan lagu Lathi yang berbahasa Jawa itu mirip dengan tembang Lingsir Wengi yang menjadi terkenal karena film Kuntilanak yang pernah booming di tahun 2006. Padahal orang-orang Jawa seperti Ibu saya mengenal tembang Lingsir Wengi secara turun temurun justru karena tembang ini dianggap bisa menolak bala/roh jahat makanya sering dinyanyikan ketika me-ninabobokan bayi, bukannya memanggil Kuntilanak seperti di film. Jadi jangan takut lagi untuk menyanyikan Lingsir Wengi ya, guys. Insyaallah, tidak akan ada kuntilanak yang datang kok. Supaya lebih yakin lagi, disini akan saya share lirik dan arti tembang Lingsir Wengi juga. 

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
(Menjelang malam, bayangmu mulai sirna)
Ojo tangi nggonmu guling
(Jangan terbangun dari tidurmu)
Awas jo ngetoro
(Awas, jangan memperlihatkan diri)
Aku lagi bang wingo wingo
(Aku sedang gelisah)
Jin setan kang tak utusi
(Jin setan kuperintahkan)
Dadyo sebarang
(Jadilah apa pun juga)
Wojo lelayu sebet
(Namun jangan membawa maut)

Kembali ke pembahasan mengenai Lathi, bagi saya pribadi lagu ini enak dinikmati bahkan sambil menikmati setumpuk pekerjaan rumah ketika WFH (work from home). Musiknya ringan, meskipun dicampur dengan unsur tradisional Jawa tetapi Weird Genius berhasil membuatnya melebur cantik dengan Electronic Dance Music (EDM) yang menjadi aliran mereka sehingga tidak terasa timpang.

Hebatnya lagi, Weird Genius ini memproduksi sendiri lagu dan video klip mereka tanpa dinaungi label musik tanah air. Hasilnya pun sangat fantastis, Lathi berhasil mencapai 40 juta viewer hanya dalam waktu satu minggu. Lagunya booming hingga keluar negeri dan berhasil merajai tangga lagu Indonesia dan dunia. Sempat juga menduduki puncak tangga lagu beberapa radio dan menjadi trending di Twitter.

Membanggakan ya, guys? Kita ternyata memiliki anak-anak muda kreatif yang berpotensi besar untuk membawa nama Indonesia terkenal di dunia lewat karya seni. Lagu Lathi meskipun menuai kontroversi karena dianggap mistis, tetapi kenyataannya secara tidak langsung justru telah memperkenalkan budaya Indonesia (bahasa Jawa dan kesenian Jawa) ke dunia. I'm proud of you, Weird Genius and Sara Fajira.

Simak langsung yuk, video klip mereka yang keren abis ini.   

No comments