Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Bandung


Sebelum punya anak, kalau mau liburan yang dicari pasti rekomendasi tempat kuliner dan tempat-tempat wisata alam yang terkenal di daerah yang akan dikunjungi, misalnya air terjun, situs-situs purbakala atau paling tidak danau alam untuk sekedar melepas penat. Lalu setelah punya anak? Tentu saja orientasinya berubah, saya dan Pak suami harus mencari tempat wisata yang ramah anak.

Bagaimana sih definisi wisata yang ramah anak? Mungkin setiap orang memiliki definisi yang berbeda ya, tetapi pasti yang diutamakan adalah keselamatan dan keamanan anak. Saya pribadi sih memilih tempat wisata yang setidaknya bisa nyaman untuk anak, tidak terlalu ramai pengunjungnya, dan anak bisa dilepas untuk bermain tanpa perlu pengawasan ekstra. Nah, taman lalu lintas Ade Irma Suryani di Bandung ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata ramah anak menurut saya. Selain tiket masuknya yang murah meriah (hanya 7k per orang, untuk anak-anak masih gratis), kita juga bisa mengajarkan anak-anak mengenai tertib berlalu-lintas dan apa saja maksud rambu-rambu yang terpasang di jalan raya. Kalau untuk saya yang anaknya masih terhitung balita berusia 1 tahunan, tempat ini sangat cocok untuk tempat dia bereksplorasi dengan alam. Dia bebas berlarian di atas aspal, di atas tanah, atau di atas rumput baik yang asli maupun rumput sintetis.


Lokasinya pun tidak sulit ditemukan karena berada di tengah kota Bandung dengan suasana yang masih sejuk karena banyak pohon-pohon besarnya. Begitu kita memasuki area taman, selain disambut dengan nama taman yang dipasang dengan huruf-huruf super besar untuk berfoto, kita juga akan disambut dengan sebuah jembatan yang cukup instagramable menurut saya.


Bosan berfoto dengan background jembatan, kita bisa move on ke area rumput sintetis dan menggelar tikar untuk sekedar bersantai sambil menyantap makan siang. Untuk si bocil tentu saja bisa bermain sepuasnya sampai bergulingan di atas rumput tanpa perlu merasa geli ataupun kotor. Fyi, rumput sintesisnya ini lembut sekali dan tidak gatal di kulit. Konturnya pun mirip dengan rumput asli.


Jangan lupa juga untuk membawa bola agar momen bermain si kecil menjadi lebih seru.


Di taman lalu lintas Ade Irma Suryani ini juga ada kereta api mini yang menjadi primadona anak-anak. Tetapi karena antriannya selalu panjang, akhirnya saya dan Pak Suami memutuskan untuk meng-skip dan tidak mencoba kereta api mini ini. Tiket untuk naik kereta api mini ini hanya 4k per orang. Mungkin lain kali kami akan datang lagi di hari biasa dengan harapan antriannya cukup masuk akal untuk kami coba.

wahana kereta mini taman lalu-lintas bandung
Pic from https://travelspromo.com/

Selain kereta api mini, taman ini juga menyediakan kolam renang dengan tiket seharga 6k, tetapi kami tidak sempat mencobanya karena memang tidak ada planning sebelumnya untuk berenang.

kolam renang mini untuk anak-anak
Pic from https://travelspromo.com/
Untuk yang berminat mengajak anak-anaknya liburan ke taman lalu lintas ini, bisa datang dari pagi agar puas bermain disana. Jam bukanya mulai dari jam 08.00 WIB dan tutup pada jam 16.00 WIB di hari minggu, sedangkan hari lainnya tutup lebih awal pada jam 15.00 WIB.

Nah, moms yang masih bingung mencari tempat wisata ramah anak di Bandung bisa langsung cus ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini.

No comments