Kopi Kinanthi Wanginya Sampai ke Hati

Bagi sebagian orang, Temanggung memang identik dengan tembakau. Padahal kabupaten yang letaknya dekat dengan Gunung kembar Sindoro Sumbing ini memiliki kopi dengan aroma khas yang segar, mirip aroma tembakau. Begitu diseduh menguarlah wangi yang menggugah sampai ke hati.    

Kopi Kinanthi
Kebetulan saya mendapat oleh-oleh kopi ini dari teman beberapa bulan lalu, tetapi karena banyaknya tumpukan kopi di lemari alhasil si Kinanthi ini terlupakan dan baru saya coba beberapa minggu lalu. Untuk rasanya sendiri, menurut saya kopi jenis robustanya cukup enak karena ada sedikit rasa gurih diantara dominasi rasa pahitnya robusta. Saya mencoba menyeduhnya tanpa tambahan gula ataupun kental manis, not bad. Lidah saya masih bisa kompromi.


Kopi Kinanthi Sachet, pic from https://aselitemanggungcom.wordpress.com
Baru tahu ada kopi celup? Sama, saya juga.... hehehe. Jadi selain kopi bubuk ternyata kopi Kinanthi ini juga ada yang versi kopi celupnya, benar-benar sebuah ide kreatif dari si pemilik brand kopi yang patut diapresiasi. Harganya pun cukup ramah di kantong, hanya 18k per pax isi 14 kantong.

Menurut Rusiyati Megawati si pemilik kopi Kinanthi, ide pembuatan kopi celup ini tercetus setelah menyaksikan banyak penikmat kopi yang kesulitan memisahkan ampas kopi dalam minumannya. Jadi dibuatlah bentuk kopi celup yang proses penyajiannya seperti teh celup, tinggal diseduh dengan air panas kemudian dicelup-celupkan sampai kepekatan yang diinginkan. Kita tidak perlu menunggu lama agar ampas kopinya mengendap seperti menyeduh kopi pada umumnya. Sangat praktis memang.

Kalau penasaran mau tahu kopi Kinanthi ini punya varian apa saja, monggo dicek IG-nya.

4 comments

  1. Kinanti adalah nama peranku waktu pentas teater jaman dulu :D emang cantik tuh kinanti

    ReplyDelete
  2. Pengin nyoba nih jadinya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain ka dijamin ketagihan #bukanpromosiloh hehehe

      Delete