KUDO, Metamorfosa Bagi Warung Tradisional

Apa sih KUDO? Dan apa hubungannya dengan Warung Tradisional? Kenapa juga membawa-bawa metamorfosa? Memangnya warung tradisional itu seperti kepompong yang akan metamorfosa menjadi kupu-kupu? Sabar ya, semua hubungan itu butuh proses, hehehe. Sekarang kita mulai dulu berkenalan dengan KUDO.

image-section-2

Jadi KUDO (Kios Untuk Dagang Online) adalah sebuah platform yang memberikan peluang kepada kita untuk memiliki kios online dengan menjadi reseller jutaan produk dari berbagai merchant ternama. Lalu apa hubungannya dengan warung tradisional? Coba deh lihat gambar di bawah ini.


Di tahun 2000-an kios atau warung tradisional masih menjadi salah satu usaha primadona yang menghasilkan keuntungan lumayan, apalagi di perkampungan. Tetapi bandingkan dengan kondisi sekarang, banyak kios atau warung yang akhirnya gulung tikar karena kalah bersaing dengan minimarket dan pasar-pasar modern yang merajalela. Belum lagi online shop yang berani menawarkan flash sale dengan banting harga sampai level terendah yang menggoda iman emak-emak seperti saya. Percayalah, perkembangan teknologi itu kalau tidak kita antisipasi dengan baik maka efek sampingnya bisa sangat kejam saudara-saudara. Solusinya tentu saja kita yang harus berubah.

Rumah yang saya beli ini dulunya bekas warung kelontong
Berubah bagaimana? Berubah seperti apa? Ya seperti kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu, itulah alasan kenapa di awal saya menyebutnya dengan proses metamorfosa. Jadi warung-warung tradisional pun harus bisa mengubah diri agar mampu bersaing di era digital saat ini. Caranya? Gampang, buka saja aplikasi KUDO di play store kemudian mendaftar sebagai agen. Ada panduan lengkapnya dan tinggal diikuti saja.


Lalu kalau sudah menjadi agen KUDO, kita bisa menawarkan berbagai produk seperti contoh warung di bawah ini. Mulai dari pembelian tiket, asuransi, belanja pakaian, barang elektronik, bayar tagihan, dan masih banyak lagi. Dijamin emak-emak tetangga rumah pasti langsung kepo dan mulai berdatangan ke warung kita, secara kan emak-emak maunya yang praktis-praktis saja. 


Jadi kemunculan KUDO dengan berbagai tawarannya menurut saya seperti nyawa baru bagi warung tradisional yang patut diapresiasi. Warung-warung kelontong yang sebelumnya hanya dipandang sebelah mata kini dengan kerjasama kemitraan dengan KUDO bisa bermetamorfosa menjadi Warung Digital Serba Bisa sekaligus Grosir Sembako juga. Ibarat kepompong yang dulunya cuma bisa uget-uget di tempat bahkan untuk dilirik pun enggan, sekarang berubah menjadi kupu-kupu cantik yang bisa terbang dan menjadi pusat perhatian. Keren kan?  

Apalagi saat ini KUDO juga sudah bekerja sama dengan Bank BNI untuk layanan Transfer Uang jadi tidak perlu lagi datang ke Bank dan mengantri panjang, cukup melangkah ke warung yang sudah menjadi agen KUDO saja. Praktis dan tidak memakan waktu. Selain itu kita juga bisa sekalian bisnis pulsa loh, seru kan? 

Kalau ada tetangga yang datang ke warung kita mau Bayar Tagihan Telepon bisa juga ga sih? Pastinya dong, KUDO juga memiliki layanan untuk mengecek tagihan telepon dimanapun dan kapanpun. Dan bukan hanya tagihan telepon saja, kita juga bisa membayar tagihan lainnya secara online, misalnya tagihan PLN, PDAM, cicilan Motor dan sebagainya melalui produk PPOB. Jadi PPOB (Payment Point Online Bank) itu semacam loket pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan.

Nah kalau di minimarket selain bisa membayar tagihan rata-rata kan bisa juga membayar Tiket Kereta ya? Tenang, karena di KUDO juga bisa kok. Jangankan cuma bayar tiket, mau Daftar Grab saja bisa. Jadi, aplikasi KUDO ini bisa memberikan keuntungan untuk yang mendaftarkan para calon Mitra Pengemudi Grab dan tentunya untuk si calon Mitra Pengemudi Grab-nya sendiri. Sekeren itu ya menjadi agen KUDO. Cukup dengan satu aplikasi sudah bisa melakukan berbagai macam bisnis yang lebih efektif dan efisien daripada sekedar warung kelontong tradisional.

Saya benar-benar salut dengan si KUDO dan ide yang dicetuskan oleh para pendirinya. Tujuannya untuk memajukan warung-warung tradisional dengan berbagai kemudahan kerjasama sebagai mitra telah manjawab tantangan jaman di saat gempuran pasar modern tidak terbendung lagi. KUDO ini benar-benar luar biasa.

Artikel ini sedang diikutsertakan dalam kompetisi blog dengan tema "MERDEKAIN WARUNG".

BLOG COMPETITION BANNER (768x432)

Mau tahu apa saja hadiahnya?

BLOG COMPETITION BANNER HADIAH (957x462)

No comments