Tranz Cafe, Tempat Nongkrong Kekinian Di Samarinda


Tugas dinas ke Samarinda itu jadwalnya hampir setiap tahun, kadang malah setahun dua kali seperti tahun lalu. Tetapi kalau ditanya ada tempat kuliner apa yang lagi hits di Samarinda? Atau adakah tempat nongkrong yang asik di Samarinda? Saya pasti menggelengkan kepala karena selama tugas disana ya cari makannya cuma di sekitaran kantor dan hotel saja, hehehe... dasar emak-emak kurang gaul.

Beda cerita kalau tugas dinasnya bareng anak milenial, masalah tempat hits pasti sudah tahu duluan seperti kali kedua saya dinas ke Samarinda tahun lalu. Dua anak muda ini - Amos & Guntur namanya, sejak awal langsung membahas tentang Tranz Cafe. Memangnya apa sih istimewanya Tranz Cafe? Paling juga cuma cafe-cafe kekinian yang instagramable seperti yang banyak menjamur di berbagai kota besar di Indonesia Raya, skeptis memang kalau emak-emak diajak bicara tempat tongkrongan anak muda. Tetapi setelah mendatangi sendiri tempatnya, ternyata Tranz Cafe ini memang unik loh. Lokasinya ada di ketinggian kota Samarinda, tepatnya di atas bukit yang bisa langsung mendapatkan view setengah kota Samarinda. Kita bisa melihat Islamic Center, Big Mall Samarinda, dan kerlap-kerlip lampu kota yang tampak seperti taburan bintang. Tranz Cafe ini memang berada di ujung Kota Tepian, cukup mudah ditemukan karena tidak jauh dari jembatan Mahakam. Patokannya untuk menuju kesana adalah Big Mall, jadi dari Islamic Center tinggal lurus saja ke arah Big Mall, lalu begitu ada pertigaan kalian belok ke kanan memasuki kawasan pergudangan Samarinda. Kalau malam hari jalanannya lumayan sepi dan rada spooky sih. Nanti akan ada tulisan besar di atas gunung bertuliskan Tranz Cafe, ikuti saja jalan masuknya. Kalian akan shok melihat tanjakannya yang cukup curam, tetapi jangan khawatir karena begitu sampai di atas kalian akan menghela napas lega karena perjuangan kalian tidak sia-sia. Penasaran mau kepoin Tranz Cafe? Silakan lihat sendiri di Instagram-nya deh.


Untuk menu makanannya sendiri, Tranz Cafe menyediakan makanan ringan sampai makanan berat. Mulai dari menu lokal sampai internasional seperti steak ada kok disini. Minuman yang ditawarkan juga beragam, mulai dari teh manis hangat sampai aneka jus dan kopi. Harganya pun cukup terjangkau untuk harga makanan di wilayah Samarinda yang memang lebih mahal dari Jakarta. Kalau soal rasa sih menurut saya standar-standar saja. Tempat ini sepertinya memang lebih menjual view dan interior cafe yang kece untuk background foto. Tidak heran kalau banyak pasangan yang akan menikah memilih tempat ini sebagai tempat foto pre-wedding mereka. Dan bukan hanya siang hari, ada juga yang melakukan sesi foto saat malam hari karena memang pemandangannya yang menakjubkan.


Untuk jam operasionalnya sendiri, cafe ini buka setiap hari, bedanya cuma kalau weekend bukanya lebih lebih lama dari jam 16.00 sampai jam 01.00 WITA. Sementara hari Senin sampai Jumat buka mulai jam 17.00 sampai jam 24.00 WITA. Asiknya itu setiap hari cafe ini memanjakan pengunjungnya dengan live music loh. Lagu yang dinyanyikan pun tidak cuma lagu-lagu yang sedang happening saat ini, tetapi ada juga lagu-lagu jadul yang dibawakan. Pengunjung pasti betah berlama-lama, kami saja yang besok paginya akan closing meeting dengan cabang rela menghabiskan waktu hampir 3 jam disana. Jadi kalau sekarang ada yang bertanya pada saya tempat nongkrong kekinian di Samarinda, setidaknya saya bisa merekomendasikan Tranz Cafe ini.

Just info, ternyata Tranz Cafe ini dulunya merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah loh. Tetapi berkat kehebatan si pemilik Cafe menilik peluang usaha akhirnya tempat ini bisa disulap menjadi cafe yang cantik. 

Alamat lengkap Tranz Cafe
Jl. Teuku Umar No.1, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda

22 comments

  1. Kalo ke Samarinda, cocok nih buat nongkrong. Bisa pepotoan bareng boneka beruang juga. Dan yang pasti ada steak juga ya, anak saya pasti suka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, tranz cafe cocok untuk bawa keluarga, tempatnya juga luas jadi tidak khawatir anak jadi bete

      Delete
  2. Serius banyak yg prewed di situ kak? Kayaknya cantik banget lah ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cm sayangnya saya ga foto sih waktu itu hehe

      Delete
  3. Wah dari TPa jadi Cafe hits gini. Best view memang kalau dari atas tuh. Makanannya enak2 sepertinya

    ReplyDelete
  4. Selama di sana kamu nggak banyak foto-foto ya, kak? Padahal penasaran sama interior, view, dan makanannya. Sepertinya menarik. Baru tau loh ternyata biaya hidup Samarinda lebih mahal daripada Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga banyak foto nanti deh kalau balik kesana lagi, hehehe

      Saya juga shok pertama kali dinas ke Kaltim mas, waktu itu tahun 2013 sarapan lontong sayur aja udah 18k padahal biasa di Jakarta 8k udah pake telor ahaha

      Delete
  5. Asik banget kafenya, banyak properti buat foto2 gitu ya.
    Terus menunnya pasti enak2 nih.

    Aku tahun kemarin gak sempet ke Samarinda, pdhl udah ngelewatin pas ke Kutai hehe

    ReplyDelete
  6. Ah, saya belum pernah ke Samarinda. Tapi kalau dari deskripsinya, kayaknya tempat ini asyik buat nongkrong bareng. Malam lebih asyik kali ya, karena bisa lihat lampu-lampu kota.

    ReplyDelete
  7. Wah salut deh sama pemiliknya yg mau mengambil resiko dan punya kemampuan melihat peluang bisnis yang keren sampai akhirnya ada si Tranz Cafe ini.
    Btw, boleh dong kak ajakin aku main kalo ke Samarinda. Hehe

    ReplyDelete
  8. Wah, cafe ini ada live music nyaaaaa 😊 Ga nyangka ya awalnya ini TPA eh bisa jd tempat mkn n nongkrong cantik. Nunggu2in foto makanannya mannaaa? 😘

    ReplyDelete
  9. Belum pernah ke Samarinda, tapi kayaknya kafe ini asyik banget ya tempatnya. Pemandangan dari sini keren. Asyik buat nongkrong nih.

    ReplyDelete
  10. Asik banget nih cafenya ada di atas ketinggian. View kota nya jadi keliatan semua ya kak... Sayangnya ada di Samarinda jauh nih dari Jakarta hehehe. Mudah2an bisa kesana someday

    ReplyDelete
  11. Berarti TPA-nya pindah, ya? Keren, ya. Berani mengalihfungsikan dari TPA menjadi tempat sekeren itu

    ReplyDelete
  12. Wah serius ini dulunya TPA?
    Bisa jadi keren gini berubah jadi tempat makan yang cantik dan bikin betah gini
    Gak ada bekas-bekasnya deh ini dulunya TPA

    ReplyDelete
  13. Asik ada tempat nongkrong kece di Samarinda. Modelnya kaya di rooftop gitu ya kak?
    Jadi catatan nih, siapa tahu aku ke Samarinda.

    ReplyDelete
  14. Salut sama pemilik cafe. Bisa mengubah lokasi TPA hingga menjadi cafe yang cantik dan menarik. Perlu effort luar biasa.

    ReplyDelete
  15. tempatnya asik sama viewnya ya,,,instagramable banget hehehe,,,cocok buat anakmuda ini

    ReplyDelete
  16. Wah iyaa yaa kak keliatanya asik banget, apalagi kalo banyak spot-spot yang instagramable yah, duh maunya foto-foto aja nanti wkwk

    ReplyDelete
  17. Keren ini founder cafe-nya. Sangat berani membuka bisnis kuliner di tempat yang punya sejarah sebagai TPA. Salut dan semoga laris manis selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  18. Mantap banget ya kaka jadi pengin :D

    ReplyDelete