Review Kantong ASI Perah (ASIP)

ASIP yang dicairkan di Kulkas

Sebagai busui sekaligus working mom, yang namanya kantong ASIP itu barang wajib yang harus dibeli. Saya bahkan sudah mulai mencicil membeli kantong ASIP sejak usia kehamilan 7 bulan. Setiap ada flash sale kantong ASIP pasti langsung klik tombol keranjang tanpa peduli dengan review-review yang membahas soal kapasitas lah atau kualitas plastik si kantong ASIP, yang penting bagi saya saat itu hanyalah desain gambarnya yang lucu ahahaha. Jadilah begitu melahirkan, stok kantong ASIP saya sudah menumpuk cukup banyak. Makanya isi freezer saya kantong ASIP nya berupa-rupa warna dan merk-nya. 😅

Nah begitu menjadi busui dan merasakan sendiri sebagai pengguna kantong ASIP dari berbagai merk itu barulah akhirnya saya menyimpulkan apakah kantong ASIP itu worth it dengan harganya untuk dibeli lagi nanti, atau stop dan beralih ke merk lain. Jadi lucu saja tidak cukup saudara-saudara, harga dan kualitas kantong ASIP jauh lebih penting karena toh setelah dipakai nanti nasib si kantong ASIP ini pun sama-sama menuju tempat sampah.

1. Kantong ASIP Natural Moms

Pic Source : JD.ID
Saya membeli kantong ASIP ini waktu flash sale di JD.ID. Tertarik karena desain gambarnya lucu, setelah digunakan pun saya suka karena plastiknya tebal, ada tempat sobekan di bawah yang memudahkan kita untuk menuang ASIP ke botol susu. Harga flash sale nya itu 33k isi 30 pcs dengan size 100 ml. Cocok untuk new born.

2. Kantong ASIP GabaG
Pic source : Tokopedia
Kantong ASIP ini pun saya beli ketika flash sale di Tokopedia. Harganya 29,9k isi 30 pcs dengan size 100 ml. Ini sih kantong ASIP sejuta umat lah ya, hampir semua busui pasti pernah memakai kantong ASIP merk ini. Menurut saya desain gambarnya standar sekali, plastiknya juga lebih tebal Natural Moms, padahal kalau sedang tidak diskon harganya lebih mahal loh.


Pic source : Shopee
Kalau kantong ASIP Gabag yang ini saya beli waktu flash sale di Shopee dengan harga cuma 22k saja untuk kapasitas 120ml isi 30 pcs, sayangnya tidak bisa membeli banyak padahal suka sekali dengan desain gambarnya yang lucu. Plastiknya juga tebal dan zipper lock nya kuat.  


3. Kantong ASIP MOMO

Kantong ASIP MOMO ini sering sekali flash sale. Pertama kali saya membeli di ZILINGO untuk yang kapasitas 230 ml isi 30 pcs dengan harga cuma 22k dan yang kapasitas 100 ml isi 30 pcs dengan harga cuma 20k. Jadi lah saya membeli sekaligus banyak, 5 box yang kapasitas 230 ml dan 2 box yang kapasitas 100 ml. Dan minggu lalu saya kembali membeli kantong ASIP ini di promonya JD.ID untuk 2 box kapasitas 230 ml cuma 50k plus gratis 1 box kapasitas 100 ml. Murah banget kan buk ibuk? 😍  
Kantong ASIP MOMO ini desain gambarnya sih standar sekali, plastiknya untuk yang ukuran 230 ml juga tipis tapi enaknya bisa dipipihkan waktu menyimpan di freezer jadi tidak memakan tempat. Sayangnya zipper lock nya gampang bocor. Sesuai lah dengan harganya yang memang murah meriah.

Pic Source : JD.ID
Kalau untuk kapasitas yang 100 ml desain lama sih plastiknya tebal mirip dengan kantong ASIP Natural Moms, zipper lock nya juga dobel jadi kuat dan tidak gampang bocor. Sayangnya yang desain barunya justru disamakan dengan yang kapasitas 230 ml. 😏

4. Kantong ASIP AVENT
Kantong ASIP 180 ml masih di freezer
Sebagai pemburu barang promo, kantong ASIP ini pun saya dapatkan dengan harga promo combo deal di JD.ID setelah membeli pompa asi manual merk yang sama. Harga promo saja masih 50k untuk kapasitas 180 ml isi 25 pcs, bayangkan betapa borosnya hidup ini kalau saya sampai ketagihan memakai kantong ASIP AVENT ahahaha. Tetapi untuk kualitas produk-produk AVENT sih memang tidak perlu diragukan lagi. Desainnya simpel dan manis, plastiknya tebal, double zipper lock, tempat untuk menuliskan labelnya lebar, dan kantong ASIP ini bisa dipipihkan juga loh. Ah juara banget memang si kantong ASIP AVENT ini, sayang harganya mahaaaaaal. 😭

5. Kantong ASIP MOOIMOM
Kantong ASIP yang belum dibekukan
Ini kantong ASIP yang sedang saya gunakan saat ini. Merk MOOIMOM.  Harganya 35k kapasitas 120 ml isi 30 pcs. Plastiknya tebal tetapi lentur, desain gambarnya lucu, double zipper lock nya kuat banget sampai Mbak Pengasuhnya Al bilang susah untuk membukanya. Yaaaa pakai gunting aja lah mbak, ngapain juga repot-repot buka zipper nya ahahaha. Kantong ASIP MOOIMOM ini yang paling pas sih untuk saya pakai sekarang karena produksi ASI saya juga mulai berkurang. Mungkin karena efek sedang berpuasa juga.

Semua kantong ASIP yang saya review di atas itu sudah BPA free semua ya, jadi aman untuk menyimpan ASIP. Oh iya, selain menggunakan kantong ASIP merk MOOIMOM, sekarang ini saya juga sedang menggunakan AVENT Storage Cup untuk pumping di rumah.

Pic source : Shopee
Lebih hemat sih, karena kan bisa dipakai berulang-ulang. Harganya di Shopee 140k isi 10 cup. Plastiknya cukup tebal, kapasitasnya 180 ml, dan tutupnya anti tumpah jadi aman untuk dibawa-bawa. Selain saya gunakan untuk menampung ASIP, sebagian cup ini juga saya gunakan untuk menyimpan bubur MPASI Al dan kadang-kadang saya gunakan juga untuk menyimpan kaldu. Jadi multifungsi sekali kan si AVENT Storage Cup ini?

No comments