Jus Kurma Susu untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Jus Kurma Susu

Saya mendapat resep jus kurma susu ini awalnya dari salah satu teman kantor saya, dulu sewaktu hamil dia rutin mengonsumsi jus kurma susu saat sahur dan hasilnya dia kuat berpuasa selama satu bulan penuh tanpa masalah. Akhirnya saya pun iseng-iseng mencari informasi melalui Google dan blog walking supaya lebih yakin lagi, ternyata benar saja beberapa blogger sudah mencoba resep ini dan menurut mereka hasilnya luar biasa, dede bayi dalam perut bumil bisa tenang selama menjalankan ibadah puasa dan bumil juga tidak merasa kelaparan saat waktu makan siang tiba. 

Alhamdulilah, ini sudah puasa hari ke-7 saya dengan usia kehamilan 22 minggu. Setiap sahur saya tidak pernah lupa meminum jus kurma susu, minumnya setelah makan sahur menjelang waktu imsak karena jus kurma susu ini sangat mengenyangkan. Resepnya mudah dan tidak merepotkan, saya akan coba share disini ya :

Bahan-bahan:

Kurma 7 atau 5 buah
Susu Beruang atau UHT
Air matang secukupnya


Cara Membuat:
  1. Siapkan buah kurma, buang bijinya.
  2. Buat kurma infused water dengan cara direndam dalam air dingin kurang lebih 7 jam (mulai dari Isya sampai sahur).
  3. Simpan dalam kulkas atau suhu ruangan.
  4. Siapkan susu beruang, UHT, pasteurisasi atau susu segar. Bukan susu kental manis atau bubuk.
  5. Campur air rendaman kurma beserta kurma-nya dengan susu (saya sendiri kadang menggunakan setengah kaleng susu beruang, tapi seringnya sih susu Ultra) kemudian blender semua bahan sampai tercampur.
  6. Siap diminum setelah makan sahur.
Pengalaman saya sendiri waktu hari pertama puasa, jam sebelasan Alhamdulilah belum terasa lapar tetapi dede bayi sudah mulai aktif jedag-jedug di dalam perut. Hari kedua puasa juga hampir sama, jam dua belasan baru mulai terasa perut keroncongan dan dede bayi semakin aktif jedag-jedugnya. Saya sempat khawatir karena pergerakan dede bayi jauh lebih aktif dari biasanya, langsung lah saya tanya ke dokter kandungan saya melalui WhatsApp dan menurut beliau itu hal wajar dan tidak apa-apa puasa tetap dilanjutkan saja kecuali saya menjadi lemas, berkeringat dingin atau mual muntah maka puasa harus segera dibatalkan karena takut terjadi sesuatu pada dede bayi.

Hari ketiga puasa, sepertinya dede bayi sudah mulai beradaptasi dengan perubahan jadwal makan ibuknya. Jadi pergerakannya cukup konsisten dari pagi sampai sore hari, tidak ada lagi jedag-jedug berlebihan yang membuat ibunya khawatir 😊. 

Ini foto waktu usia kehamilan 20 minggu

Semoga dede bayi dan Ibuk sehat-sehat terus ya dan kuat berpuasa sampai hari terakhir nanti, aamiin.

No comments