Bermain di Kidzoona, Sesederhana Itu Membuat Anak Bahagia



Bermain adalah hak setiap anak dan ketika melihat anak-anak sedang bermain itu rasanya saya ikut tertular kebahagiaan mereka. Tertawa jadi terasa begitu mudah. Ya meskipun anak saya baru berusia 10 bulan, tetapi karena dia sudah bisa bergerak kesana-kemari dengan cara merangkak jadi seru-seru saja saat diajak bermain di Kidzoona seminggu yang lalu.

Ada permainan apa saja sih di Kidzoona? Yuk dilihat dulu gambar-gambar di bawah ini :


Mandi bola tuh sepertinya permainan yang paling hits buat anak-anak. Hampir semua tempat bermain menyediakan jenis permainan ini. Dan hampir semua anak juga menyukai permainan ini. Anak saya saja sampai tidak mau diajak pindah ke arena bermain lainnya. Sepertinya dia begitu excited dan menikmati berada diantara banyaknya bola karena bola yang ada di rumah memang tidak sebanyak di tempat ini.


Area bermain selanjutnya yang dicoba anak saya sebenarnya lebih cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas karena sudah mengerti cara merangkai benda-benda menjadi bentuk yang diinginkan. Ada balok-balok plastik dan karet bercorong yang apabila kedua corongnya dilekatkan dengan pas maka akan saling menempel dan bisa dirangkai menjadi macam-macam.


Lalu ada juga rumah kurcaci, ini sih yang paling pas untuk anak saya. Jadi dia bisa merangkak dengan bebas ke dalam rumah yang di dalamnya itu ada banyak mainan seperti mobil-mobilan kertas, soft book, boneka, sampai tabung warna warni seperti yang sedang dipegangnya itu.


Nah kalau permainan pada gambar di atas itu seru sih buat anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Jadi bisa bermain sekaligus melatih sensorik dan motoriknya. Papan berwarna kuning cerah itu sisi sebaliknya berwarna merah cerah yang juga berisi tuts dimana kalau tutsnya dipegang akan terbenam dan menonjol di sisi yang sebaliknya.

  
Satu lagi yang seru untuk dimainkan anak bayi itu wire game yaitu cincin-cincin kayu warna-warni di dalam kawat alur yang meliuk-liuk mulai dari yang bentuknya kecil-kecil sampai yang besar. Anak saya sampai sibuk sendiri memainkan cincin-cincin kayu itu dan betah berdiri lama karena tampaknya dia begitu antusias.



Bagian paling populer dan terkenal dari Kidzoona adalah pretend play yang berisi booth-booth kecil lengkap dengan seragam dan peralatan sesuai dengan profesi tiap booth. Dan kami tidak mencoba sama sekali permainan di area ini karena anak saya sepertinya tidak tertarik, hahaha.


Waktu kami datang ke Kidzoona, area permainan pada gambar di atas itu entah kenapa sepi peminat. Mungkin karena permainan ayunan dan panjat-panjat tangga itu sudah banyak ditemukan di taman-taman bermain yang tersebar di sekitaran Jakarta jadi anak-anak sudah bosan.


Sepertinya sih seru main perosotan di gambar atas itu, tapi karena tidak ada satu orang pun yang mencoba permainan itu ketika saya datang jadi saya pun ogah mencobanya karena takut malah jadi pusat perhatian nantinya, hehe.


Jujur, gambar di atas itu saya tidak tahu jenis permainan apa tetapi sepertinya sih merangkai benda-benda biru yang berserakan itu menjadi sebuah bentuk benda yang "bernama". Entahlah.




Banyak permainan yang tidak sempat kami coba karena sudah terlalu sore, khawatir pulangnya nanti malah terkena macet parah. Selain itu saya dan Pak Suami juga sudah mulai lelah, meskipun si anak bayi anehnya tetap saja masih terlihat on fire.

Just info, ada beberapa peraturan di Kidzoona yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Pertama anak-anak dan pendamping yang bermain di Kidzoona wajib memakai kaos kaki, kalau tidak membawa kaos kaki dari rumah bisa membeli disana yang juga menjual kaos kaki lucu-lucu dengan harga yang tidak terlalu mahal. Lalu yang kedua, pendamping dan anak wajib memakai gelang yang diberikan oleh petugas pada saat awal masuk area permainan. Dan jangan sampai lupa juga semua barang bawaan harus disimpan di locker yang disediakan oleh Kidzoona secara gratis. Kunci locker-nya dikembalikan nanti pada saat selesai bermain. 



Selain banyaknya jenis permainan yang sangat beragam dan edukatif pastinya, di Kidzoona juga ada event harian yang tidak kalah seru loh. Dijamin anak-anak pasti akan senang mengikuti event-eventnya.


Untuk yang penasaran berapa sih tiket masuk ke Kidzoona, yuk silakan klik disini supaya bisa langsung cus kesana akhir pekan ini. Asyiknya lagi, kalau anak-anak yang masih di bawah satu tahun itu gratis loh.


Mbak-mbak di Kidzoona juga ramah-ramah semua, sangat recommended lah menurut saya sebagai tempat untuk mengajak anak-anak menghabiskan akhir pekan yang berkesan. Ini saya bagikan sekalian foto ekspresi bahagianya anak saya waktu diajak bermain di Kidzoona. Bahagia terus ya, nak...


21 comments

  1. Waaah, asyik bener main2 di Kidzoona ini. Si kecil bakalan betah ya ogah pulang hihihi. AKu udah lewat nih masa2 bermain beginian soalnya anak2ku udah beranjak abegeh :D Bagus nih ada jawdal event2nya jangan sampai terlewatkan karena mengeduasi anak2 kita.

    ReplyDelete
  2. Wah ini pas banget kalau bawa bayik kesini nih. Permainannya merangsang motorik mereka. Dan warna warni. Pasti happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak saya pun betah main di kodzoona hahaha

      Delete
  3. Waaahh dulu pas ke Jogja, sempet mampir ke sini - yg di Hartono Mall, karena bareng ponakan haha. Kan ini dikasih waktu sekian jam ya, daaannn ketika waktu habis, susah banget diajakin keluar hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget dengan anak saya, diajak pulang ga mau ahahaha

      Delete
  4. Mungkin anaknya nggak suka roleplay karena lebih suka yang asli-asli aja, mbak. Hazek.

    Bagus ya kalo bisa melatih kemampuan sensorik dan motorik. Nggak cuma bikin seneng tapi juga bikin pinter! Tawanya terlihat cerah banget :D

    ReplyDelete
  5. Wah asyik bener bermain di sana ya.. andaikan dekat sering kubawa krucil kami ke sana..hehe..

    ReplyDelete
  6. Bermain sambil belajar, dan merangsang motorik juga. Waah lengkap sekali, tempat yang pas untuk ajak anak main ke sini. Jadi pengen ajak ponakan ke Kidzoona juga

    ReplyDelete
  7. Kayaknya lebih murah Kidzoona daripada Kidzania ya mbak... Kidzania cuma bisa bbrp jam nah ini bisa seharian jd bisa explore semua wahana

    ReplyDelete
  8. Seneng ya ikut main bareng anak. Rasanya ikut bahagia lihat mereka bahagia. Kidzoona ini kayaknya luas dan banyak juga jenis permainan yang bisa dicoba sama anak

    ReplyDelete
  9. Asyik juga ya. Kalau di bawah satu tahun gratis, ya wajarlah. Secara juga belum bisa menikmati semua tempat. Tapi kalau umur 6 tahun, seru kali ya. Bisa sekalian mencoba peran.

    ReplyDelete
  10. Ada batad umur atas dan bawah ga Mbak? Aku suka diintilin ponakanku kalau belanja, umur 7 tahun.

    ReplyDelete
  11. Anak usia di bawah satu tahun gratis? Wuihhhh.. Mamak mamak harus tahu nih! Hihi

    ReplyDelete
  12. wahh bocah pasti betah nih di tempat kayak gini.. seru dan mengedukasi anak2

    ReplyDelete
  13. Menurutku Kodzoona ini nggak cuma seru buat anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa yang mendampingi ya. Tempatnya luas, lega, penuh warna, dan bikin semangat main.

    ReplyDelete
  14. Seru banget yaa kak kalo ajak si kecil main di Kodzoona. Si kecil seneng main sambil belajar, orang tuanya pun asik nemenin karena tempatnya luas dan banyak pilihan mainannya hehe

    ReplyDelete
  15. Suasananya rapi dan bersih ya Mbak. Nggak khawatir anak-anak tertular kuman atau virus kalau bersih begini. Kadang saya suka khawatir kalau ajak anak mandi bola karena kadang kotor.

    ReplyDelete
  16. Aku pikir Kidzania.hahaha mirip mirip ya.

    ReplyDelete
  17. mugi2 di aceh segera hadir yang beginian, secara tempat wahana bermain anak sebesar ini masih nggak ada ..

    ReplyDelete